Amplifier mini dengan transistor


Amplifier mini dengan transistor
Rangkaian amplifier mini yang akan kita ulas ini adalah rangkaian penguat yang sangat sederhana.
Hanya membutuhkan tegangan yang rendah, yaitu berkisar 4,5V saja, atau bisa dengan menggunakan 3 buah battery AA.
Pada percobaan yang saya lakukan, tegangan yang saya supply mulai dari 4,5 v sampai 12 volt masih aman.
Selain murah diongkos dalam pembuatannya, komponen dari amplifier mini ini juga mudah didapat.
Tidak ada kriteria khusus pada rangkaian ini, kita bisa menggunakan transistor yang berbeda seri asalkan type dari transistor tersebut sama dengan skema terlampir.
Baca juga: Cara cepat mengetahui kaki transistor
Cara kerja rangkaian
Pada skema ampli mini 4,5 volt, driver T1 dan T2 bekerja sebagai penguat tegangan.
Penguat akhir T3 dan T4 bekerja pada kelas B dengan tujuan agar batterai bertahan lebih lama (hemat daya).
Feedback DC diperoleh melalui R3 dan feedback AC melalui R3, R4 dan C2.
Ini akan menentukan besarnya penguatan, menstabilkan titik kerja dan menaikkan impedansi input.
Pemberian tegangan titik kerja pada transistor T1 cukup kritis dan harga-harga dari tahanan R1 dan R2 sangat mempengaruhi.
BIla rangkaian gagal bekerja dengan sepatutnya, tegangan DC pada basis T3 dan T4 dapat diperiksa, demikian pula pada titik simpul R6 dan R7.
Tegangan pada basis T3 adalah 2,95V.
Dan tegangan pada basis T4 adalah 1,55V.
Titik simpul output R3, R6 dan R7 adalah 2,25V.
Untuk memaksimalkan hasil (suara) gunakan kotak speaker yang lebih besar.
Baca juga: Skema Stereo Headphone Amplifier
Amplifier mini dengan transistor
Amplifier mini dengan transistor

Daftar komponen:

R1: 2M2
R2: 820K
R3: 22K
R4: 1K
R5: 470R
R6, R7: 2R2

C1: 470nF
C2: 10uF/10V
C3: 100uF/10V

T1: PNP = A733 *tested
T2: NPN = D400 *tested
T3: NPN = BD139 *tested
T4: PNP = BD140 *tested
D1, D2: Silikon = IN4002 *tested

Bila tidak tersedia transistor yang seperti diatas, bisa menggunakan type transistor lain asal NPN dan PNP nya sama..
Semoga rangkaian amplifier mini dengan transistor ini bermanfaat bagi pembaca semua.
Selamat mencoba..
(selektron78)

Comments

  1. hal beginian yang bikin saya mumet mas ... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mas bilang mumet.. malah saya ikut mumet neh..

      Delete
  2. saya kurang ngerti juga kalo masalah kek gini mas..hehehe

    ReplyDelete
  3. Jadi ingat pelajaran waktu sekloah mengenai elektro, tapi sekarang sudah tidak tahu lagi dengan skema seperti ini gan. he,, he,, he,,,

    ReplyDelete
  4. Aduuuh ini pelajaran anak elektro, dan aku alumni adm perkantoran sama sekali ngga ngerti nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. jadi tahu kalo mbak aida alumni adm perkantoran.. :)

      Delete
    2. jadi gaada hubunganya dg psang goreng ea mba...

      Delete
  5. Replies
    1. 8 ohm gak apa2.. 4 atau 6 ohm lebih baik tapi sulit mendapatkannya.. :)

      Delete
    2. Daya outputnya berapa watt kalo pake speaker 4ohm ?

      Delete
    3. Daya outputnya berapa watt kalo pake speaker 4ohm ?

      Delete
    4. Daya outputnya berapa watt kalo pake speaker 4ohm ?

      Delete
  6. @ Ghufron, biasanya 4-6ohm karena bawaan perangkat..
    bisa menggunakan rangkaian diatas mas..

    ReplyDelete
  7. Maaf mas itu nama transistornya apa?

    ReplyDelete
  8. nice gan.. thanks yaaa infonya

    salam rajalistrik.com

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. Sembarang mas.. asalkan NPN dan PNP..
      NPN nya bisa BC107 dan PNP nya bisa BC177
      atau NPN -> C828 PNP -> A564 yang penting bisa didapat di pasaran

      Delete
  10. Bentuk jalurnya pcb- nya gi mana?

    ReplyDelete
  11. Minta tambhan skema control x boss

    ReplyDelete
  12. D1 D4 silikon,.tu pake tipe apa mas?????

    ReplyDelete
  13. @unknown, Sholeh Tsani.. Pake pcb lubang aja mas, rangkaiannya sederhana kok.. Karena saya biasanya menggunakan bread board untuk mencobanya..

    ReplyDelete
  14. @Andis Wijaya, pake IN4001 juga bisa kok mas..

    ReplyDelete
  15. Tak simpen dulu, klo sempet tak buat,...

    terima kash infonya mas

    ReplyDelete
  16. Bang cara menggabungkan groudnya gimana bang saya ngk tau cara menggabungkan nya

    ReplyDelete
  17. susah susah merakitnya
    gue dengan dua buah batery aaa aja bisa. suara jernih tergantung speaker . bunyi kuat.
    modal dengan dua lembar kabel aja sama jack hansfree.

    ReplyDelete
  18. Gan untuk transistor Pnp dan NpN itu nomor serinya gimna, sembarang atau gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seri sembarang mas.. asal PNP dan NPN nya sama..

      Delete
  19. Mksdnya seri PNP harus sama dengan NPN. Atau NPN sama PNP nya bisa beda

    ReplyDelete
  20. Mas numpang nanyak cara ngilangin bunyi dengung pada mini amplifer tipe tb 820 gimana ya

    ReplyDelete
  21. Itu R 2M2 disini susah nyarinya, misalnya diganti pke c milar bisa gak om? Klo bisa ukurannya berapa?

    ReplyDelete
  22. Klo pake tip 41 dan tip 42 gmana mas

    ReplyDelete

Post a Comment