Sunday, January 18, 2015

Amplifier mini dengan transistor

Rangkaian amplifier mini yang akan kita ulas ini adalah rangkaian penguat yang sangat sederhana.
Hanya membutuhkan tegangan yang rendah, yaitu berkisar 4,5V saja, atau bisa dengan menggunakan 3 buah battery AA.
Selain murah diongkos dalam pembuatannya, komponen dari amplifier mini ini juga mudah didapat.
Tidak ada kriteria khusus pada rangkaian ini, kita bisa menggunakan transistor yang berbeda seri asalkan type dari transistor tersebut sama dengan skema terlampir.
Baca juga: Cara cepat mengetahui kaki transistor
Cara kerja rangkaian
Pada skema, driver T1 dan T2 bekerja sebagai penguat tegangan.
Penguat akhir T3 dan T4 bekerja pada kelas B dengan tujuan agar batterai bertahan lebih lama (hemat daya).
Feedback DC diperoleh melalui R3 dan feedback AC melalui R3, R4 dan C2.
Ini akan menentukan besarnya penguatan, menstabilkan titik kerja dan menaikkan impedansi input.
Pemberian tegangan titik kerja pada transistor T1 cukup kritis dan harga-harga dari tahanan R1 dan R2 sangat mempengaruhi.
BIla rangkaian gagal bekerja dengan sepatutnya, tegangan DC pada basis T3 dan T4 dapat diperiksa, demikian pula pada titik simpul R6 dan R7.
Tegangan pada basis T3 adalah 2,95V.
Dan tegangan pada basis T4 adalah 1,55V.
Titik simpul output R3, R6 dan R7 adalah 2,25V.
Untuk memaksimalkan hasil (suara) gunakan kotak speaker yang lebih besar.

Amplifier mini dengan transistor

Daftar komponen:
R1: 2M2
R2: 820K
R3: 22K
R4: 1K
R5: 470R
R6, R7: 2R2

C1: 470nF
C2: 10uF/10V
C3: 100uF/10V

T1, T4: PNP
T2, T3: NPN
D1, D2: Silikon

Semoga rangkaian mini amplifier menggunakan transistor ini bermanfaat bagi pembaca semua.
Selamat mencoba..
(selektron78)

36Komentar

Info MenarikAmplifier mini dengan transistordeleteJanuary 18, 2015 at 6:08 PM

hal beginian yang bikin saya mumet mas ... hehehe

Uda WikyAmplifier mini dengan transistordeleteJanuary 18, 2015 at 7:48 PM

saya kurang ngerti juga kalo masalah kek gini mas..hehehe

Indra Kusuma SejatiAmplifier mini dengan transistordeleteJanuary 18, 2015 at 10:07 PM

Jadi ingat pelajaran waktu sekloah mengenai elektro, tapi sekarang sudah tidak tahu lagi dengan skema seperti ini gan. he,, he,, he,,,

Ai WidaAmplifier mini dengan transistordeleteJanuary 19, 2015 at 9:24 AM

Aduuuh ini pelajaran anak elektro, dan aku alumni adm perkantoran sama sekali ngga ngerti nih :D

Romli Dot NetAmplifier mini dengan transistordeleteJanuary 20, 2015 at 1:49 PM

Kalo mas bilang mumet.. malah saya ikut mumet neh..

Romli Dot NetAmplifier mini dengan transistordeleteJanuary 20, 2015 at 1:50 PM

Yang penting paham mas.. hehehe

Romli Dot NetAmplifier mini dengan transistordeleteJanuary 20, 2015 at 1:51 PM

Saya jadi pingin sekolah lagi.. :)

Romli Dot NetAmplifier mini dengan transistordeleteJanuary 20, 2015 at 1:53 PM

Hehehe.. jadi tahu kalo mbak aida alumni adm perkantoran.. :)

arief darmawanAmplifier mini dengan transistordeleteApril 20, 2015 at 4:42 AM

Nih sprakernya berapa ohm ya ??

Romli NETAmplifier mini dengan transistordeleteApril 20, 2015 at 3:30 PM

8 ohm gak apa2.. 4 atau 6 ohm lebih baik tapi sulit mendapatkannya.. :)

Romli NETAmplifier mini dengan transistordeleteAugust 13, 2015 at 2:02 PM

@ Ghufron, biasanya 4-6ohm karena bawaan perangkat..
bisa menggunakan rangkaian diatas mas..

Bayu MuhamadAmplifier mini dengan transistordeleteSeptember 2, 2015 at 5:18 PM

Maaf mas itu nama transistornya apa?

Akbar GumilarAmplifier mini dengan transistordeleteSeptember 11, 2015 at 8:57 AM

nice gan.. thanks yaaa infonya

salam rajalistrik.com

Apriyanto Penla'ana AntoAmplifier mini dengan transistordeleteSeptember 26, 2015 at 12:36 PM

T1 T4 tu pake tipe apa mas?????

Romli NETAmplifier mini dengan transistordeleteOctober 1, 2015 at 3:55 AM

Sembarang mas.. asalkan NPN dan PNP..
NPN nya bisa BC107 dan PNP nya bisa BC177
atau NPN -> C828 PNP -> A564 yang penting bisa didapat di pasaran

UnknownAmplifier mini dengan transistordeleteNovember 4, 2015 at 3:41 PM

Bentuk jalurnya pcb- nya gi mana?

Sholeh TsaniAmplifier mini dengan transistordeleteNovember 4, 2015 at 11:02 PM

Minta tambhan skema control x boss

Andis WijayaAmplifier mini dengan transistordeleteNovember 11, 2015 at 6:05 PM

D1 D4 silikon,.tu pake tipe apa mas?????

Romli NETAmplifier mini dengan transistordeleteNovember 11, 2015 at 8:58 PM

@unknown, Sholeh Tsani.. Pake pcb lubang aja mas, rangkaiannya sederhana kok.. Karena saya biasanya menggunakan bread board untuk mencobanya..

Romli NETAmplifier mini dengan transistordeleteNovember 11, 2015 at 9:05 PM

@Andis Wijaya, pake IN4001 juga bisa kok mas..

sano baeAmplifier mini dengan transistordeleteFebruary 28, 2016 at 4:50 PM

jadi gaada hubunganya dg psang goreng ea mba...

gesang adikuasaAmplifier mini dengan transistordeleteMay 9, 2016 at 7:14 AM

Skemane endi mas ?? Suwun

Arief DarmawanAmplifier mini dengan transistordeleteJuly 13, 2016 at 3:51 PM

Daya outputnya berapa watt kalo pake speaker 4ohm ?

Arief DarmawanAmplifier mini dengan transistordeleteJuly 13, 2016 at 4:03 PM

Daya outputnya berapa watt kalo pake speaker 4ohm ?

Arief DarmawanAmplifier mini dengan transistordeleteJuly 13, 2016 at 4:03 PM

Daya outputnya berapa watt kalo pake speaker 4ohm ?

Muhammad Andik CahyonoAmplifier mini dengan transistordeleteJuly 23, 2016 at 5:48 AM

Tak simpen dulu, klo sempet tak buat,...

terima kash infonya mas

nofri indraAmplifier mini dengan transistordeleteOctober 7, 2016 at 11:28 PM

Bang cara menggabungkan groudnya gimana bang saya ngk tau cara menggabungkan nya

randy eAmplifier mini dengan transistordeleteDecember 10, 2016 at 12:26 PM

susah susah merakitnya
gue dengan dua buah batery aaa aja bisa. suara jernih tergantung speaker . bunyi kuat.
modal dengan dua lembar kabel aja sama jack hansfree.

ridwan loneaAmplifier mini dengan transistordeleteMarch 7, 2017 at 4:54 PM

Gan untuk transistor Pnp dan NpN itu nomor serinya gimna, sembarang atau gimana

Romli NETAmplifier mini dengan transistordeleteMarch 11, 2017 at 4:28 AM

Seri sembarang mas.. asal PNP dan NPN nya sama..

Rizal EffendiAmplifier mini dengan transistordeleteMay 21, 2017 at 5:41 PM

Mksdnya seri PNP harus sama dengan NPN. Atau NPN sama PNP nya bisa beda

Aws Sejati AwsAmplifier mini dengan transistordeleteJuly 4, 2017 at 7:48 AM

Mas numpang nanyak cara ngilangin bunyi dengung pada mini amplifer tipe tb 820 gimana ya

big jusAmplifier mini dengan transistordeleteNovember 20, 2017 at 12:36 PM

Itu R 2M2 disini susah nyarinya, misalnya diganti pke c milar bisa gak om? Klo bisa ukurannya berapa?

Romli NETAmplifier mini dengan transistordeleteNovember 22, 2017 at 6:02 PM

Disambung secara seri aja.. 1M+1M+1K+1K

UnknownAmplifier mini dengan transistordeleteJanuary 14, 2018 at 3:59 PM

Klo pake tip 41 dan tip 42 gmana mas

jaka edanAmplifier mini dengan transistordeleteSeptember 9, 2018 at 10:29 PM

Siap aq praktekin.