Cara mengetahui letak kabel yang putus menggunakan peniti


Cara mengetahui letak kabel yang putus menggunakan peniti
Kali ini kita akan mencoba cara yang sangat sederhana untuk mengetahui letak kabel yang putus.
Cukup merepotkan juga jika kabel panjang yang kita miliki ternyata putus dan kita tidak mengetahui letak putusnya disebelahnya mana?
Terkadang juga kita asal memotongnya dengan perkiraan, kebetulan juga sih bila kita memotong kabel tersebut tepat pada posisi yang putus.
Tapi bila kita memotongnya tidak pada posisi yang putus? lalu kita akan memotongnya lagi disebelahnya dan seterusnya dan seterusnya hingga kabel kita menjadi pendek..???

Dengan cara yang sangat sederhana kita akan mencoba mengetahu letak kabel yang putus tersebut, dan belum pernah terpikirkan oleh kita
Mari memulai untuk mengetahui letak kabel yang putus..
1. Dengan alat ukur.
Alat yang populer untuk mengetahui putus tidaknya kabel adalah AVO-meter (Ampere, Volt, Ohm Meter) atau biasa disebut dengan Multi Meter.
Putar selector pada posisi "buzzer" maka kita tidak repot lagi melihat display, cukup mendengarkan indikasi sambung dari suara buzzer saja.
Alat lain yang dibituhkan: peniti dan kabel.
Baca juga: Cara cepat mengetahui letak kabel putus tanpa alat
Caranya..
Terlebih dulu pasangkan jarum atau peniti pada salah satu probe dari AVO-Meter.
Atau pada kedua ujung probe, jadi dengan menggunakan dua peniti (untuk pengecekan pada kabel yang sudah terpasang).
Sambungkan dengan probe, menggunakan kabel seperti gambar dibawah..

Cara mengetahui letak kabel yang putus menggunakan peniti
Sambungkan ujung salah satu probe dengan peniti

Lalu ambil kabel yang putus
Letakkan probe yang tidak dipasangi jarum pada salah satu ujung kabel dan tusukkan jarum pada badan kabel hingga menyentuh inti kabel, bila buzzer berbunyi berarti sampai pada titik tersebut kabel tidak putus.
Tapi bila pada titik tersebut buzzer tidak berbunyi berarti kabel tersebut putus.

Cara mengetahui letak kabel yang putus menggunakan peniti
Tusukkan peniti pada kabel

Cara mengetahui letak kabel yang putus menggunakan peniti
Tusukkan peniti dengan mengurutnya pada kabel untuk mengetahui letak yang putus
Cara mengetahui letak kabel yang putus menggunakan peniti
2. Menggunakan batre dan lampu kecil atau dengan LED
Sambung kabel dan lampu hingga menyala.
Lalu putus salah satu sambungan, dan pada salah ujung kabel yang diputus tadi sambungkan dengan jarum.
Dan.. lakukan pengecekannya seperti cara-cara di atas..

Mudah bukan?
Semoga artikel tentang Cara mengetahui letak kabel yang putus menggunakan peniti ini bermanfaat untuk pembaca..

Comments

  1. kalau yang nggak pakai avo meter ada cara nya nggak bos?

    ReplyDelete
  2. Saya nanti share ke suami saya ..
    Maksih ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. cara ini aman kok, tidak berbahaya dan ramah lingkungan :D
      makasih kunjungannya mbak..

      Delete
    2. Baik dan gak sombong juga ya mas.. hehe :)

      Delete
  3. wah mantap juga ahaha
    jadi pengen coba, tapi kalau di coba nya ke kabel nym yang belum di kupas gimana ?

    ReplyDelete
  4. mas klo jauh kira2 50 meter pakea apa yah

    ReplyDelete
  5. Hello,
    This is a nice sharing. This is a great scientific trick you are shared. I like the trick most. Thank you for your nice sharing.

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah makasih pa Romli..
    Cuma kalau kabel nya agak panjang sampai 5 meter mungkin pake avo saja ya pa..

    ReplyDelete
  7. Terima kasih mas atas sarannya. Sy sblmnya bingung utk mendeteksi kabel rusak. Akhirnya nemu tulisan dan cara sederhana ini.

    ReplyDelete

Post a Comment