Monday, September 17, 2018

Memasang / Memodifikasi Backlight TV LED

Sobat pembaca..
Di artikel ini kita akan mencoba cara yang mudah untuk memperbaiki / mengganti backlight TV LED atau istilah yang tepat adalah "mengakali" dalam penggantian backlight led di TV LED.
Artikel ini saya tulis karena mengalami kesulitan untuk mencari sparepart yang sama (Backlight tv led) dengan type TV LED yang saya kerjakan.

Sebelumnya, gejala dari kerusakan TV LED yang rusak ini adalah layar menjadi gelap, tapi masih terlihat gambarnya ketika panel tersebut disoroti senter.
Eksekusi langsung dilanjutkan untuk melepas dan mengganti sederet led yang berada di balik panel karena ada beberapa dari led yang ada ternyata sudah putus dan juga konslet.

Hampir seharian dan hampir semua toko elektro di kota saya sudah saya samperin namun tak ada satupun yang menyediakan sparepart yang sama dengan type yang saya cari.

Susunan led di Backlight TV LED.
Akhir dari pencarian tersebut saya terpaksa membeli backlight dari model TV LED yang berbeda tapi diameter LED dari backlight tersebut sama besarnya dengan diameter LED backlight yang rusak tadi.
Rencana selanjutnya adalah mengakalinya dengan mengganti LED yang putus atau yang short saja.

Perlu diingat, bahwa sebuah LED dari backlight tersebut membutuhkan tegangan 3 Volt dan LED di backlight ini disusun secara seri.
Jadi bila sederet LED yang ada di backlight tersebut terdapat 5 biji berarti tegangan yang diperlukan adalah 5 x 3 volts = 15 volts.
Baca juga: Cara menghitung nilai resistor untuk LED
Mari memulai..
Peralatan tambahan yang diperlukan adalah:
- Power supply variable (3v-15v)

Perbaikan LED yang rusak kali ini adalah mencari dan dilanjutkan dengan mengerok jalur tegangan anoda dan katodanya.
Hmm.. apa ya istilahnya mengerok disini?..
.. intinya kita berusaha untuk membuka jalur tegangan LED nya..
Kerok secara tipis / sedikit saja asal sudah kelihatan tembaganya, itu sudah cukup.
Pengerokan disini dimaksudkan agar kita bisa mensupplynya langsung di jalur tiap LED.

Memasang / Memodifikasi Backlight TV LED

Pada LED yang tersusun secara seri ini, bila kita memberi tegangan hanya di satu LED saja maka LED yang lainnya tidak ikut menyala.
Dan sekali lagi perlu diingat, bila kita memberi tegangan hanya pada satu LED saja, maka putar skala power supply pada 3 V dan bila kita ingin memberikan tegangan untuk 2 buah LED maka putar pada skala 6 V begitu seterusnya.

Bila jalur tegangan dan LED yang rusak sudah ditemukan kita tinggal memotongnya dengan tang potong atau apa saja asalkan bisa terpotong kemudian menggantinya dengan potongan LED dari backlight yang baru dan menyambungnya menggunakan kabel.
Jangan sampai terbalik kutub anoda dan katodanya.

Sebelum dirakit dan dipasangkan pada frame, rangkailah terlebih dahulu backlight tadi di luar frame TV dan cek sekali lagi apakah semua LED sudah dapat menyala dengan benar?.
Dan alangkah baiknya beri isolator (double tape) pada sisi ground backlight modifikasi kita tadi karena kita disini memasangkan backlight dengan type yang berbeda dengan sparepart aslinya, kecuali jika anda sudah mengeceknya bahwa sisi ground pada backlight modifikasi kita tadi adalah sama dengan sisi ground backlight aslinya.

Memasang / Memodifikasi Backlight TV LED

Setelah semuanya beres, pasangkan backlight LED pada frame TV LED serta susun agar tiap LED tepat pada lubang reflektornya seperti semula dan jangan lupa rapikan..
Tara.. TV LED sudah bisa manyala kembali..

Nah.. mudah sekali bukan?
Semoga artikel tentang cara memasang backlight TV LED ini bermanfaat bagi pembaca semua..