Friday, March 6, 2015

Kipas angin mendengung dan bau terbakar

Pada kesempatan ini penulis akan mencoba membahas tentang cara untuk memperbaiki kipas angin yang mati (ditandai dengan bau hangus).
Memang banyak sekali jenis kerusakan kipas angin ini, beberapa kerusakan kipas angin yang sering terjadi adalah: hanya mendengung dan dengan putarannya yang sangat lemah dan juga ditandai dengan bau hangus (terbakar).
Dan kebetulan saja, yang akan kita bahas kali ini adalah kerusakan kipas angin ditandai dengan bau hangus, mendengung dan dengan putaran yang sangat lemah.

Bila sobat sudah terbiasa dengan bau terbakarnya suatu komponen, mungkin akan lebih cepat untuk menyelesaikan masalah yang ada.. (hehehe.. dibutuhkan penciuman yang handal).
Permasalahan yang penulis hadapi ini memang terdapat bau sesuatu yang terbakar, namun bila dicermati lagi bau terbakar tersebut seperti bau terbakarnya plastik, bukan bau terbakarnya spul (lilitan) yang ada di motor kipas angin, dan disertai dengan suara dengungan pada motornya.
Pembaca mungkin lebih tahu untuk membedakan antara bau hangus plastik yang terbakar atau bau spul motor yang terbakar.

Kesimpulan awal yang saya tebak dalam perbaikan kali ini adalah ada bau plastik yang terbakar! namun penulis tetap saja melakukan pembongkaran untuk pembuktiannya.
Dari pengecekan yang telah dilakukan, yang didapatkan adalah spul yang terdapat di motor tersebut terlihat baik-baik saja alias tidak terdapat hangus pada lilitannya.
Lalu saya pun mencoba membongkar sambungan antara kabel dan spul yang terdapat pada motor (yang terikat pada lilitan motor kipas angin tersebut).
Dan ternyata, memang terlihat gosong pada sambungan tersebut, yaitu pada ujung kabel yang tersambung dengan ujung kawat spul tadi, dan kabel tersebut juga putus.
Pembungkus kabel yang terbuat dari plastik tampak gosong, inilah bau terbakar tersebut.
Gejala lain adalah terdengar mendengung pada motor.
Seperti yang diketahui pembaca pada umumnya jika kapasitor kipas angin telah rusak atau putus, maka motor tidak mau berputar dan motor akan mendengung saja.

Kipas angin mendengung dan bau terbakar

Dan gosongnya kabel tersebut adalah yang menuju ke kapasitor.
Lalu penulis pun melakukan perbaikan dengan memotong kabel yang gosong dan putus tadi lalu menyambungnya lagi.

Akhirnya kipas angin pun berputar normal tanpa ada bau hangus dan suara mendengung lagi.
Kesimpulan: bila terdapat bau terbakar, kita tidak bisa langsung memvonis bahwa kerusakan terjadi pada spulnya yang terbakar begitu saja, bisa jadi bau hangus tersebut adalah karena terbakarnya kabel yang ada pada sambungan (karena pembungkus dari kabel tersebut terbuat dari plastik dan tidak tahan terhadap panas) seperti yang saya alami disini.
Dan bila spul tersebut benar-benar terbakar, ya kita harus menggulungnya ulang atau menggantinya dengan yang baru karena sekarang sudah tersedia (1-set motor) di toko elektronik dengan pilihan kawat spul yang terbuat dari auminium atau dari tembaga.

Semoga artikel tentang cara untuk mengatasi kipas angin yang mendengung dan bau terbakar ini bermanfaat untuk pembaca semua

19 komentar

kalau kipas amplifier yang mendengung gimana atasinya Bos?

masih berputar tapi mendengung gitu, kalau volumenya kecil lumayan mengganggu, tapi masa iya harus keras terus, ada solusi nggak?

Bila suara mendengungnya terdengar di speaker, buatlah regulator sendiri untuk kipas angin tersebut, pernah saya bahas di artikel yg lain.. Tapi bila suara mendengungnya berasal dari kipas angin, ganti kipas angin dg yg baru..

kadang di speaker kadang nggak,
mana link artikelnya Bos?

ini linknya.. www.romli.net/2014/11/menghilangkan-suara-dengung-pada-rangkaian.html

mantabbbbb dah ni artikel, ilmunya sangat berguna sekali, thanks infonya gan...
kunjungi juga link di bawah ini :)
http://www.rajalistrik.com/

Saya mau nanya ni gan..
Saya baru beli kipas merk arashi, jadi setelah saya hidupin gak berapa lama kok ada bau2 gitu, kayak motor setelah dibawa perjalanan jauh..

Pertanyaan saya mesinnya bermasalah atau gara2 baru jadi bau gitu..?
Tolong solusinya ya..
Terimakasih..

Saya mau nanya ni gan..
Saya baru beli kipas merk arashi, jadi setelah saya hidupin gak berapa lama kok ada bau2 gitu, kayak motor setelah dibawa perjalanan jauh..

Pertanyaan saya mesinnya bermasalah atau gara2 baru jadi bau gitu..?
Tolong solusinya ya..
Terimakasih..

Sepertinya kipas angin yg mbak beli ini bermasalah (coba pegang body motor kipasnya, penasnya berlebihan apa nggak?) tapi dari beberapa produk cina memang ada yang mengeluarkan bau gosong pada pemakaian pertama dan untuk selanjutnya normal..

Mau nanya bis kipas ampli saya cepet panas gimana ya solusi ngatasin ny biar g cpat panas

Gan sya mau nanya kipas sya merek maspion f18D8 kipasnya nyala berputar tapi kok bau gosong dan sya pgang bagian kumparannya kok panas

This comment has been removed by the author.

coba bongkar dan liat warna lilitannya.. Bila gosong berarti harus ganti baru lilitannya.. Beli jadi skrg tersedia di toko elektro

Mau tanya mas .. saya baru 2 hr ini beli kipas merek miyako ! Udah 2 malam ini saya mencium bau gosong gitu dr meain kipas . Itu kenapa ya?

Kayaknya motornya bermasalah.. Kembalikan ke tokonya, kan masih garansi?

Nau tanya bos kalau kipas gk hidup pas dicek pakai tespen semua bagian motor ad api itu masalaj nya ap y?

Mas kalo kpas hidup bentar terus mati apanya ya mas itu berulang2 mas

mas kalo dinamo itu memang panas banget yah?

Mohon maaf, bila admin telat membalas.. untuk kirim pertanyaan silahkan kunjungi fanpage: fb.com/romli.net