Cara mudah mengetahui kaki potensiometer


Cara mudah mengetahui kaki potensiometer
Potensiometer.. pembaca yang hobi utak atik audio atau yang suka merakit elektronika sepertinya tidak asing lagi dengan komponen yang satu ini.
Dalam audio, potensiometer digunakan sebagai pengatur amplitudo signal atau juga disebut variable resistor atau istilah sehari-harinya adalah volume.
Biasa difungsikan sebagai pengatur nada bass, treble ataupun middle.
Dan masih banyak lagi tentang kegunaan potensiometer ini.
Baca juga:
Memperbaiki potensiometer digital yang rusak Potensiometer A, B atau C?
Ada dua model bentuk potensiometer yang umum dijual di pasaran, bentuk rotari (putar) dan slide (geser).
• Model rotari (putar) biasa digunakan untuk volume atau juga sering digunakan pada pengaturan tone control.
• Model slide (geser) biasa digunakan pada rangkaian equalizer, dan juga pada mixer audio, termasuk juga volume.

Dari dua bentuk tadi, posisi kaki dari masing-masing potensiometer pun juga berbeda-beda.
Namun fungsinya adalah sama.
Yang membedakannya hanyalah pada cara kerjanya saja, yaitu diputar dan digeser.

Cara menentukan / mengetahui kaki potensiometer.
Sebelum melanjutkan untuk mengetahui kaki potensiometer ini sebaiknya kita mengetahui dulu skema atau gambaran dari potensiometer.

Cara mudah mengetahui kaki potensiometer
Cara mudah mengetahui kaki potensiometer

Dari gambar diatas, ujung nomer 1 dan nomer 3 beresistansi tetap (sesuai dengan nilai yang tertera di body potensiometer).
Sedangkan ujung nomer 2 nilai resistansinya akan selalu berubah-ubah mengikuti arah putar dan dengan ujung mana yang akan diukur.
Bila kita mengukur ujung 1 dan 2 lalu kita memutarnya ke kanan, maka nilai resistansinya akan membesar dan bila memutarnya penuh, mak nilai resistansinya akan sama dengan nilai yang tertera di body potensiometer tersebut.
Sebaliknya jika kita memutarnya ke arah kiri maka nilai resistansinya akan mengecil dan akan menjadi menjadi 0 ohm bila memutarnya hingga mentok ke kiri.
Lalu pada ujung nomer 2 dengan 3 bila kita memutar ke arah kanan maka nilai resistansinya akan mengecil hingga 0 bila memutarnya mentok dan sebaliknya akan membesar hingga pada nilai yang tertera pada body potensiometer jika kita memutarnya ke arah kiri.

Cara mudah mengetahui kaki potensiometer
Posisi kaki potensiometer model yang berbeda.
Ada beberapa dari model potensimeter yang beredar di pasaran yang mana dari para pembaca ada yang kesulitan untuk menentukan yang mana untuk pin nomer 1, 2, dan 3.

Kali ini penulis akan langsung memberikan tanda pada gambar yang mana pin nomer 1, 2 dan 3 serta pin untuk CT.
Nomer dengan warna biru untuk channel L.
Dan nomer dengan warna merah untuk channel R.
Baca juga: Cara praktis agar bass dan treble lebih mantap dengan Potensiometer CT
Potensiometer 6 pin stereo

Cara mudah mengetahui kaki potensiometer
Potensiometer 6 pin stereo

Potensiometer 7 pin stereo CT
(ground jadi satu di pin nomer 1 (kaki ke 3))

Cara mudah mengetahui kaki potensiometer
Potensiometer 7 pin stereo CT

Potensiometer 8 pin stereo CT

Cara mudah mengetahui kaki potensiometer
Potensiometer 8 pin stereo CT

Potensiometer geser 8 pin stereo

Cara mudah mengetahui kaki potensiometer
Potensiometer geser 8 pin stereo

Potensiometer geser 4 pin mono

Cara mudah mengetahui kaki potensiometer
Potensiometer geser 4 pin mono

Bila ada model yang lainnya mungkin pembaca bisa mencarinya sendiri dengan cara seperti yang saya tulis diatas dan bila masih saja mengalami kesulitan silahkan bertanya di kolom komentar..
Semoga artikel tentang cara mudah mengetahui kaki potensiometer ini benar-benar bermanfaat bagi pembaca semua.. amiin
Wassalaamu alaikum..

Comments

  1. wah, saya sudah lupa, padahal dulu saya suka sekali dengan elektronika pas jaman SMP

    ReplyDelete
  2. kalo potensio 6 kaki bgmn ya kang sperti pada equliser 5 chanel setreo pasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya seperti "Potensiometer geser 8 pin stereo".. seperti diatas, yg digunakan hanya 6 kaki dan yg 2 tidak digunakan..

      Delete
  3. Mau tanya dong kang, di potensio 50K itukan ada yg 6 pin sejajar sepeerti yg dijelasin diatas, tapi susah nyarinya skrng, berhubung yg dipasaran yg ada 6 pin numpuk (3 depan 3 belakang), naaah rencana mau pake yg ada itu, cuma bingung urutan kaki/pin nya... Klo yg diatas kaan 2.1.1.2.3.3, nah kalo yg numpuk urutannya gmaana yaaq :(
    Sebelumnya makasih

    ReplyDelete
  4. @oba Muhammad, Sama seperti gambar "Potensiometer 8 pin stereo CT" diatas.. jadi susunannya 123 123 cuma bedanya gak ada CT.. Semoga membantu..

    ReplyDelete
  5. Makasih yah, taar aku coba solder diluar pcb.. Mudah2an bener n berhasil :)

    ReplyDelete
  6. Thx infonya, ini sangat membantu... saya sebelumya tidak tahu, setelah membaca artikel ini saya jd tahu... sekali lg thx

    ReplyDelete
  7. apakah potensiometer untuk volume berbeda dengan potensiometer bass ataupun trible?

    ReplyDelete
  8. apakah potensiometer untuk volume berbeda dengan potensiometer bass ataupun trible?

    ReplyDelete
  9. Numpang tanya mas, pas saya butuh potensio stereo 6 kaki ditoko kosong tapi ada type CT bisa pakai kagak, lalu kaki CT nya buat apa. Tks

    ReplyDelete
  10. Klw kaki potensiometer trimmer gimana?

    ReplyDelete
  11. Kang tolong lah kang cariin potensio ct yang pin 7 besar 50k stereo kaki bengkok,buat volume polytron big band kesayangan...tanks ya kang...semoga sukses selalu...!

    ReplyDelete
  12. kalo potensiometer geser 6 pin stereo diubah menjadi potensio putar 6 pin (3 pin tumpuk 2 alias stereo) juga mudah (contohnya ekualizer).Yang bingung itu potensiometer geser volume yang kakinya 4. 6 kaki buat volume stereo tapi sisa 2 kaki itu buat apa ya? diganti dengan potensio putar 6 kaki (3 atas, 3 bawah) bisa bekerja tapi sisa 2 lubah di pcb sebenarnya buat apa sih? ada yang tahu. Contoh gambar potensio geser 8 kaki gepeng kayak gambar di atas, cuma kakinya lurus semua dan posinya kakinya persegi. ADA YANG TAHU FUNGSI SISA 2 KAKINYA DARI POTENSIO METER GESER 8 KAKI YANG KEPAKE SEMUA?

    ReplyDelete
  13. Maksudnya potensiometer geser gepeng 8 kaki yang 3 kaki buat L + 3 kaki buat R + sisa 2 Kaki yang gak tahu fungsinya.

    ReplyDelete
  14. cara pasang potensiometer yang 6 kaki kr audio in + jack gimana mas .. saya pasang cuma L nya doang menyala ... klo R nya gak nyala ... bales ke email aja mas . emanrozani33@gmail.com

    ReplyDelete
  15. cara pasang potensiometer yang 6 kaki kr audio in + jack gimana mas .. saya pasang cuma L nya doang menyala ... klo R nya gak nyala ... bales ke email aja mas . emanrozani33@gmail.com

    ReplyDelete
  16. Kang cara nentuin potensio gser yng kakinya 6 gmana,,,

    ReplyDelete
  17. kalo kaki 6 lurus + ct cara menentukan kakinya gimana mz
    mohon penjelasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu diatas mas.. untuk yg warna biru channel L dan warna merah channel R

      Delete
  18. kang aku mau cari potensio stereo 50k 7 pin ct,yg kayak akang sertakan digambarnya.bisa minta tolong carikan kang...? nih tone control aku model polytron big band jadul rusak...!dah mumet cari di medan sumut gak ketemu....!

    ReplyDelete
  19. Aku punya keyboard pKe pontensio slide, tp Baru dinaikkin di Angka 1 suaranya Udah gede bgt. Itu rusak potensio Nya atau Gmn yah..terima kasih kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi potensionya rusak, tapi cek dulu main volume yg ada di power amplifier apakah dibuka terlalu besar?

      Delete
    2. Wah makasi byk responnya Kang, ini saya speaker bawaan keyboardnya Kang JD ga pake Ampli external...JD lansung ke speaker pasif si keyboard..Ooo OK2 Kang brarti potensio nya yah...BTW Kang ada Instagram Kah?

      Delete
    3. Ok.. semoga solved.. adanya fb kang.. @romli.net

      Delete
    4. Oo, Saya jarang FB-an euy hehe. Kang mgkin ga si potensio nya diperbaiki tanpa diganti,krn keyboard Saya keyboard langka jadul.

      Delete
  20. Luar biasa sangat membantu sekali,terutama potensio made in japan

    ReplyDelete
  21. Met siang
    Assalamualaikum
    Kang mau tanya, rata2 ToneControl pada make B100K CT atau B50K CT di MasterVolume... Masalahnya potensio2 itu kualitasnya pada payah bgt, blum stahun kresek2... Rencana mau ganti Pot dgn yg bagusan kaya alps dll...
    Cuma susah bgt cari yang CT, terutama B100K CT di masterVol, cari yg Sealed B100k/50k CT susah minta ampun, adanya jg paling A50k ct...
    1. Secara fungsi Pot B dganti A bakal gmana jadinya kang?
    2. Adakah yg jual B100K CT merk semoga awet? Dari luar kaya aliexpress aja susah search nya, bahasa CT itu kalo di bhs inggris nya apaa yaaah? Search engine ga nemu2 kecuali indonesia yg pake bahasa CT

    Makasih sebelumnya, JazakAllah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam..
      maaf baru balas gan..
      1. gak masalah gan, kode B untuk linier dan A untuk logaritmis.
      perbedaan antara linier dan logaritmis adalah nilai resistansi ketika kita memutarnya, kalau linier nilainya berubah secara selaras misal, 10%, 20%, 30% dan seterusnya.. dan kalau logaritmis nilainya berubah seperti grafik / lengkung misal 0%, 30%, 45%, 60% dan seterusnya..
      Kalau biasanya kita menggunakan linier kemudian kita ganti dg logaritmis maka akan terasa bedanya ketika membuka volume pada putaran pertama, akan terasa sedikit keras sedikit.. gitu aja.
      2. bahasa asing dari ct: Center Tap.
      coba pake yg kaki CTnya jejer disamping (bukan diatas).
      Kalo search di gugel banyak kok.. coba pake kata kunci center tap potentiometer..

      Semoga membantu

      Delete
  22. Asalamualaikum kang mw tya apa bisa Pot linier drubah ke logaritmis soalnya dipasaran susah cari Pot logaritmis...
    mohon pencerahanya kang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salaam.. Bisa.. seperti di artikel saya yg lain di blog ini http://www.romli.net/2017/12/potensiometer-b-atau-c.htm

      Delete
  23. Tutorialnya mantep mas enak untuk dipahami, terima kasih mas :)

    ReplyDelete
  24. Assalaamu'alaikum kang,,sy mau tanya,,sy punya compo polytron PSC 36k,,tadinya bunyi,tp volumenya kl di geser dikit sdh keras bngt suaranya,,,ahirnya sy bongkar,,iseng" sy ganti volumenya dngn yg bekas,tp sy ga tahu trnyata hrs sama serinya,malah jd ga bunyi samasekali,,ahirnya sy pasang kembali yg aslinya,,masih ttp ga mau bunyi,,,cuma suara mendengung kl volume di besarkan,,dan di rangkaian powernya semacam transistor yg kakinya 3 yg nempel pd pendinginnya,,,,di situ kok jadi panas bngt kl di sentuh,,,,mohon pencerahan,kira" apa yg hrs sy cek,,,maklum pemula,,,,trimakasih sesudahnya,,,wasslm,,,,,,

    ReplyDelete
  25. Trs skrng tapenya jd ga mau muter samasekali,,padahal selektor sdh sy pindah ke tape,,tadinya muter normal suaranya,,,,,

    ReplyDelete
  26. Minta petunjuknya gan,,,saya mau pasang potensiometer WDX3-13 10K ke power suply 28v DC supaya output voltage bisa variable...bisa bantu untuk menentukan kaki2nya gan,,,klo bisa sekalkan kasih skemanya. Trim's.

    ReplyDelete

Post a Comment