Monday, October 16, 2017

Memperbaiki / mengupas kabel fleksibel yang rusak

Kabel fleksibel ini biasa disebut kabel optik, kabel printer, kabel data, flat kabel, kabel pita, kabel pipih.. atau mungkin pembaca mempunyai sebutan lain untuk kabel ini?
Pada artikel saya yang lain, saya juga pernah membahas tentang cara cepat untuk mengecek kabel tersebut, jadi hanya untuk mengecek saja secara cepat dan praktis untuk mengetahui putus atau tidaknya saja karena pada kabel fleksibel tersebut terdapat banyak pin dan akan memakan banyak waktu bila kita ngecek pinnya satu persatu.
Baca juga: Cara cepat mengecek kabel dataKali ini saya juga akan berbagi tips dan masih di seputaran kabel fleksibel, yaitu cara untuk mengupas atau memperbaiki kabel fleksibel yang telah rusak.
Sebenarnya kabel ini mudah didapat dan berharga cukup murah, namun ada juga beberapa model dari kabel tersebut sulit ditemukan di pasaran, semisal kabel fleksibel dengan beda pada sisi pinnya, jadi pada sisi ujung kabel yang terkupas tersebut tidak sama.
Atau contoh yang lain tentang kabel fleksibel yang sulit ditemukan di pasaran adalah jumlah pin yang tidak seperti biasanya (lebih banyak) dan juga ada yang lebih sedikit pinnya (hanya 4 pin).

SOLUSI PADA JUMLAH PIN YANG BERBEDA
Untuk mengatasi masalah kabel fleksibel dengan jumlah pin yang lebih banyak dari biasanya kita bisa mengakalinya dengan menggabungnya / menjejerkannya saja.
Contoh,  kabel fleksibel yang rusak adalah pinnya berjumlah 27 pin sedangkan kabel tersebut tidak umum (sulit di dapatkan di pasaran) maka kita bisa mengakalinya dengan menggabungkan / menjejerkan dua utas kabel fleksibel yang umum di pasaran, biasanya 16 pin (kabel optik VCD).
Dan selanjutnya kita belah salah satu kabel tersebut dan membuang 5 pin, dan perhatikan juga jarak sela antar pinnya.

Memperbaiki / mengupas kabel fleksibel

Contoh yang lain seperti kabel yang rusak adalah kabel fleksibel dengan pin yang hanya berjumlah 4 pin, maka kita bisa mengakalinya dengan membelahnya saja kabel yang tersedia menjadi 4 pin seperti kabel yang dimaksudkan tersebut.

MENGUPAS KABEL
Solusi mengupas kabel fleksibel ini dilakukan bila kabel fleksibel tersebut memang tidak terdapat di pasaran karena stok telah habis atau kita malas membelinya karena jarak dari rumah ke toko elektro sangat-sangatlah jauh.. so far away.. wuss wuss..
Sebenarnya solusi dengan mengupas kabel fleksibel ini tidak dianjurkan karena memakan waktu agak lama dan dibutuhkan ketelatenan karena kabel fleksibel terkadang ada yang sangat tipis dan lagi kita bisa mengatasi dengan praktis dan tanpa membuang banyak waktu bila perbedaan kabel hanya karena jumlah pin yang berbeda, seperti cara di atas.
Oke.. mari memulai..
Peralatan yang dibutuhkan adalah, cutter, gelas kaca serta botol / gelas plastik air mineral => bila diperlukan saja.
Gelas plastik air mineral ini diperlukan untuk mengganti pengganjal kabel (biasanya yang berwarna biru).

Memperbaiki / mengupas kabel fleksibel

Langkah awal, potong ujung kabel yang telah rusak dan juga jangan sampai lupa sisi kupasan pada kabel tersebut, jangan sampai terbalik.
Jangan buang pengganjalnya (plastik yang biasanya berwarna biru).
Bila sudah tidak terdapat pengganjal tersebut, pembaca bisa menggantinya dengan plastik gelas air mineral, potong / gunting sesuai ukuran seperti yang lama (lihat  pada sisi ujung  kabel yang satunya).
Selanjutnya letakkan kabel fleksibel pada sisi luar gelas kaca, posisikan gelas tersebut sebagai tatakan, sehingga posisi kabel fleksibel menjadi melengkung seperti permukaan gelas.
Posisi kabel ini adalah memanjang searah vertikal dari gelas dan bukan melingkari gelas tersebut.

Memperbaiki / mengupas kabel fleksibel

Kupas dengan menggunakan bagian tengah dari pisau cutter (bukan ujung cutter).
Lakukan dengan perlahan dan hati-hati agar tidak kebablasan hingga mengupas sela-sela pinnya.
Karena bila sampai kebablasan dan mengupas sela pinnya, maka sela / jarak tiap pinnya akan mengerut dan menempel / konslet.
Jadi lakukan dengan hati-hati.
Setelah kita berhasil mengupas kabel fleksibel tadi tahap selanjutnya adalah memasangkannya pada soket / terminalnya.
Masukkan kabel terlebih dulu kemudian pengganjalnya dan pastikan tiap pinnya tersambung dengan baik dan tepat pada tiap konektornya.

Memperbaiki / mengupas kabel fleksibel

Nah.. sangat mudah bukan?
Semoga artikel tentang cara untuk memperbaiki / mengupas kabel fleksibel ini bermanfaat bagi pembaca semua..

3 komentar

Yono Karyono Memperbaiki / mengupas kabel fleksibel yang rusak delete October 19, 2017 at 3:27 PM

wah mantap kang... saya gak lukun kalau suruh ngupas yang kecil - kecil.. mending panggil orang lain aja ... hahaha

Djangkaru Bumi Memperbaiki / mengupas kabel fleksibel yang rusak delete October 24, 2017 at 8:08 AM

Kabel flesibel dirumah saya banyak, pernah saya mencoba mengupasnya ,ternyata susah juga. Kalau saya lebih suka beli baru saja deh.

tarjiem Memperbaiki / mengupas kabel fleksibel yang rusak delete November 17, 2017 at 2:28 PM

Ternyata ilmu mengupas kabel saja ada. Kalau saya jadi ingat istilah mengupas bawang. hehehe