Sunday, September 17, 2017

Sony HCD-RV222D eject lalu standby

Sobat pembaca..
Kerusakan perangkat DVD DECK RECEIVER SONY HCD-RV222D ini ditandai dengan tulisan eject lalu standby pada display, setelah kita menekan tombol power.
Kronologinya adalah, setelah kita menekan power dan tampak loading pada display (mengecek kondisi mekanik tape dan cd, setelah itu terdapat tulisan EJECT lalu blink STANDBY beberapa saat kemudian lalu perangkat menjadi mati (off).
Dan juga terdengar suara mekanik tape karena memang karet yang ada di mekanik tersebut telah putus.
Seperti yang saya sertakan di video berikut:



Dugaan awal kerusakan tersebut adalah terjadi protect karena ada komponen yang short.

Seperti yang pernah saya tulis beberapa waktu yang lalu bahwa perangkat hi-end dilengkapi layar display yang difungsikan sebagai peraga dan juga untuk memudahkan dalam pemakaian maupun untuk perbaikan.
Baca juga: Mesin cuci error dengan tulisan DOOR Begitu juga pada DVD DECK RECEIVER Merk SONY (Compo mini hi-fi) type HCD-RV222D ini, letak kerusakan juga ditampilkan pada display-nya.
Langkah awal yang saya lakukan adalah mengecek semua komponen, seperti Power amplifier, Tuner FM, Board depan dan Board samping karena hal tersebut adalah gejala umum terjadinya protect.
Namun langkah tersebut tidak membuahkan hasil.
Akhirnya saya melakukan pengecekan sesuai yang telah ditampilkan pada display, yaitu EJECT (mengecek makanik tape).

Istilah EJECT ini adalah istilah kondisi mekanik tape dalam posisi terbuka (mengeluarkan kaset).
Karena kerusakan pada perangkat ini ditandai dengan suara mekanik "kletak-kletak" yang menandakan bahwa karet yang ada pada roda gila mekanik tape harus diganti (biasanya kendor dan terkadang putus) saya pun langsung mengganti karetnya.

Setelah karet mekanik tape diganti baru, perangkat langsung saya nyalakan..
Alhasil.. display tidak menampilkan STANDBY dan perangkat tidak mati lagi.
Jadi.. kerusakan seperti ini adalah terjadi karena mekanik tape yang error (karet putus/molor)

Penutup
Mungkin pada type ini saja yang menerapkan mode standby melalui sensor motor yang ada di mekanik tape.
Mudah-mudahan saja.. karena karet untuk mekanik tape otomatis seperti perangkat ini tidak berumur panjang (sifat karet yang molor bahkan putus bila terkena suhu tinggi).
Apalagi karet yang difungsikan pada mekanik jenis otomatis ini bekerja lebih berat, mengangkat head untuk playback ataupun rekam, forward maupun reverse, daripada mekanik tidak otomatis yang bekerja lebih ringan dan hanya untuk menggerakkan roda gila saja (untuk play-nya kita biasanya menggunakan "hard tombol").
Jadi suatu saat akan standby lagi seperti ini..

Semoga artikel tentang cara memperbaii sony hcd-rv222d yang terdapat eject di display lalu standby ini bermanfaat bagi pembaca semua..