Saturday, October 22, 2016

Cara merubah default aplikasi android

Sobat blogger, pada artikel ini kita akan membahas tentang bagaimana cara yang mudah untuk merubah default aplikasi di perangkat android yang sobat miliki.
Sederhananya.. default aplikasi di android ini adalah seperti "open with" di komputer yang ber OS windows yang biasa sobat gunakan, hanya beda sebutan saja.

Sudah bawaan dari pabriknya bahwa untuk pembacaan tiap-tiap filenya telah diatur oleh system.
Seperti.. untuk pembacaan file mp3, bila kita membuka file tersebut maka secara otomatis file tersebut akan di-eksekusi oleh mp3 player bawaan perangkat, demikian juga untuk mengeksekusi jenis file yang lain.
Baca juga: File terbaik audio
Untuk pembahasan selanjutnya, kita akan mencoba cara untuk merubah default aplikasi, yang mana "open with" atau default aplikasinya telah berubah dikarenakan kita telah menginstal beberapa aplikasi player dan secara otomatis sistem akan memberikan pilihan setiap kali ketika membuka file mp3.

Cara merubah default aplikasi android

Seperti gambar diatas, kita akan selalu mendapati pesan tersebut karena kita telah menginstal dua aplikasi player: 321 player dan Walkman.

Dengan memilih "Hanya sekali" maka untuk selanjutnya kita akan selalu dihadapkan pilihan serupa bila hendak membuka file musik tersebut di lain waktu.

Dan akan menjadi default aplikasi bila kita memilih "Selalu".

Namun, bagaiman bila kita menginginkan player yang lain sebagai default aplikasi padahal kita telah memilih "Selalu" pada pesan pilihan tadi?.

Kelola aplikasi
Cara yang mudah adalah dengan merubahnya melalui menu pengaturan -> aplikasi.
Cari dan pilih aplikasi player yang telah menjadi default aplikasi player tadi, setelah itu geser layar kebawah, temukan dan ketuk tab "Hapus default"

Selanjutnya tutup menu seting, kemudian buka aplikasi file manager..
Buka file yang dimaksud (dalam contoh ini adalah file mp3).
Dan akan tampil lagi pilihan default aplikasinya seperti diatas kemudian pilih player yang ingin untuk dijadikan default aplikasi dan pilihlah "Selalu".
Maka default aplikasinya telah berganti pada player yang dipilih..
Pada tahap ini kita sudah berhasil merubah default aplikasi sesuai player pilihan.

Nah.. Mudah bukan?
Semoga artikel tentang cara merubah default aplikasi android ini bermanfaat selalu bagi sobat pembaca.
Happy blogging!

2 komentar

Gampang sekali, dan mudah untuk diterapkan. Tapi aku belum pernah mengalami kendala seperti diatas. Jika sudah ketik selalu, otomatis akan mengikuti pilihan yang dipilih tadi.

iya mas.. Terkadang kita bosan dg player yg itu2.. Jadi pingin nyoba player yg lain

Mohon maaf, bila admin telat membalas.. untuk kirim pertanyaan silahkan kunjungi fanpage: fb.com/romli.net