Tuesday, September 6, 2016

Mencopot konektor USB tanpa blower

Halo juragan.. Kali ini penulis akan berbagi cara untuk mencopot konektor USB / charge, tanpa menggunakan blower / hot air / solder uap, tapi dengan menggunakan solder biasa.
Alasan mencopotnya dengan menggunakan solder biasa adalah karena memang tidak tersedianya blower / hot air / solder uap, dan juga karena dikhawatirkan beresiko merusakkan komponen di sebelahnya (kalo alasan yang terakhir ini, bagi pembaca yang sudah sangat berpengalaman tidak berlaku lagi, kan sudah berpengalaman?).
Baca juga: Solder ulang Resiko dari pencopotan usb dengan menggunakan solder biasa terhadap komponen disekitarnya memang sangatlah kecil, karena kita hanya memanasi body konektor USB nya saja.
Jadi panasnya lebih fokus pada konektor USB yang akan kita copot saja.
Baca juga: Tips agar port charger USB lebih awet
Mari memulai,
Pastikan sudah tersedia solder, timah, flux dan pinset.
Sebelum memanasi konektor USB beri flux pada bagian pin body yang menempel di board serta pin datanya.
Selanjutnya panasi body konektor USB dengan cara menempelkan ujung solder.
Dan beri timah sedikit agak banyak pada body konektor USB tadi, pemberian timah ini bertujuan agar panas dari ujung solder lebih cepat merata.
Lakukan agak lama hingga panas dari solder tadi menyebar hingga pada pin datanya.
Bila dirasa sudah cukup panasnya dan sudah melelehkan timah di pin datanya, coba angkat konektor USB tadi menggunakan pinset seperti biasa, lakukan secara perlahan dan hati-hati.
Jangan memaksakan untuk mengangkatnya bila masih terasa lengket di board, tunggu sampai terasa mudah ketika mengangkatnya.

Sangat mudah bukan?
Dibawah ini juga disertakan video cara untuk melepas konektor USB / charging tanpa menggunakan blower atau hanya dengan menggunakan solder biasa..


Semoga bermanfaat..
Happy blogging!

Mohon maaf, bila admin telat membalas.. untuk kirim pertanyaan silahkan kunjungi fanpage: fb.com/romli.net