Tuesday, March 31, 2015

Peralatan elektronik yang boros listrik

Berbagai cara penghematan listrik dilakukan untuk menekan tagihan listrik agar tidak membengkak, karena kebutuhan listrik ini adalah kebutuhan pokok dan semakin hari tarif listrik ini kian mahal.
Kali ini penulisan berbagi tips sederhana untuk menghemat listrik dan kita harus mengetahui juga peralatan-peralatan yang boros daya dan untuk selanjutnya kita menggunakannya sesuai kebutuhan saja.
Kecuali anda memang menggunakannya untuk kepentingan usaha, namun kita bisa meminimalkan untuk kepentingan rumah tangga sehari-hari.
Baca juga: Manfaat menghemat listrik
Berikut ini beberapa peralatan elektronik yang tergolong boros daya listrik.

Peralatan elektronik yang boros listrik

1. Lampu pijar bohlam.
Lampu pijar ini perlahan-lahan mulai ditinggalkan pemakai karena memang boros daya, namun masih digunakan untuk keperluan lain seperti penetasan telur dan sebagainya.

2. Lampu neon TL
Lampu neon TL ini biasanya terdiri dari "ballast" dan starter.

3. Motor listrik.
Dalam hal ini, semua peralatan yang menggunakan lilitan adalah termasuk kategori boros daya.
Diantaranya adalah pompa air, kipas angin, blender, mixer, bor listrik, setrika listrik dan sejenisnya.
Untuk mengantisipasi hal tersebut adalah gunakan yang sesuai dengan kebutuhan, misal gunakan pompa air yang mempunyai daya lebih kecil bila digunakan untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari, karena sekarang sudah tersedia pompa air dengan low watt.
Atau gunakan kipas angin dengan ukuran 10inch saja bila hanya untuk menyejukkan sebuah ruangan kamar yang tidak terlalu luas, karena semakin besar ukuran kipas angin maka semakin besar pula daya yang dibutuhkan.
Dan untuk apa kita menggunakan kipas angin 15 inch bila hanya untuk membuat sejuk kamar ukuran 3x3 meter saja?

4. Televisi tabung.
Sudah banyak yang tahu bahwa TV tabung ini boros daya, saatnya beralih ke TV LCD?

5. Pemanas dan juga pendingin.
Pemanas, termasuk diantaranya kompor listrik, dispenser, micro wave, penanak nasi.
Pendingin, termasuk diantaranya adalah kulkas, AC.
Solusinya adalah gunakan yang low watt saja, dengan ditandai dengan bentuk yang lebih kecil.
Gunakan kulkas yang satu pintu misalnya.
Atau tanyakan pada penjual sebelum anda membelinya di toko, apakah alat tersebut rendah daya?
Atau lihat spesifikasi barang tersebut sebelum anda membelinya.

So, mulai hari anda dengan menghemat listrik, gunakan listrik sesuai dengan kebutuhan saja, kalau sudah cukup untuk apa menggunakannya dengan berlebihan? karena anda sendirilah yang merasakannya.
Semoga artikel yang membahas tentang peralatan elektronik yang boros listrik ini bermanfaat bagi kita semua.
Happy Blogging!

9 komentar

waduh tv dirumah saya masih tabung nih, mau beli yang LCD tapi blum ada duit.hehe

TV saya juga mas, masih TV tabung.. moga saja setelah nulis artikel ini jadi bisa beli TV LCD syukur2 TV LED :)

hehe, iya mas.rencananya sih kalo sudah misah rumah sama orang tua baru fokus beli yg canggih-canggih :D

Waaaa TV saya di rumah masih Tabung ya. Setelah membaca artikel ini sepertinya TV Tabung saya itu harus diganti

lampu TL juga bikin boros listrik ya? terimakasih infonya :)

magic jar dan kipas angin ternyata juga sangat boros listrik...dan setrika waktu dinyalakan akan memakan daya yang cukup tinggi juga gan.

waaah,.. berarti peralatan elektronik saya hampir semua boros listrik rupanya. Hmm,...

Mau nabung biar bisa membeli barang-barang elektronik biar di rumah nggak boros listrik :D

Lampu TL lampu apa.an ? Yg panjang itu bukan ?
Klo pake LED philips gmna ?

Mohon maaf, bila admin telat membalas.. untuk kirim pertanyaan silahkan kunjungi fanpage: fb.com/romli.net