Sunday, January 18, 2015

Amplifier mini dengan transistor

Rangkaian amplifier mini yang akan kita ulas ini adalah rangkaian penguat yang sangat sederhana.
Hanya membutuhkan tegangan yang rendah, yaitu berkisar 4,5V saja, atau bisa dengan menggunakan 3 buah battery AA.
Selain murah diongkos dalam pembuatannya, komponen dari amplifier mini ini juga mudah didapat.
Tidak ada kriteria khusus pada rangkaian ini, kita bisa menggunakan transistor yang berbeda seri asalkan type dari transistor tersebut sama dengan skema terlampir.
Baca juga: Cara cepat mengetahui kaki transistor
Cara kerja rangkaian
Pada skema, driver T1 dan T2 bekerja sebagai penguat tegangan.
Penguat akhir T3 dan T4 bekerja pada kelas B dengan tujuan agar batterai bertahan lebih lama (hemat daya).
Feedback DC diperoleh melalui R3 dan feedback AC melalui R3, R4 dan C2.
Ini akan menentukan besarnya penguatan, menstabilkan titik kerja dan menaikkan impedansi input.
Pemberian tegangan titik kerja pada transistor T1 cukup kritis dan harga-harga dari tahanan R1 dan R2 sangat mempengaruhi.
BIla rangkaian gagal bekerja dengan sepatutnya, tegangan DC pada basis T3 dan T4 dapat diperiksa, demikian pula pada titik simpul R6 dan R7.
Tegangan pada basis T3 adalah 2,95V.
Dan tegangan pada basis T4 adalah 1,55V.
Titik simpul output R3, R6 dan R7 adalah 2,25V.
Untuk memaksimalkan hasil (suara) gunakan kotak speaker yang lebih besar.

Amplifier mini dengan transistor

Daftar komponen:
R1: 2M2
R2: 820K
R3: 22K
R4: 1K
R5: 470R
R6, R7: 2R2

C1: 470nF
C2: 10uF/10V
C3: 100uF/10V

T1, T4: PNP
T2, T3: NPN
D1, D2: Silikon

Semoga rangkaian mini amplifier menggunakan transistor ini bermanfaat bagi pembaca semua.
Selamat mencoba..
(selektron78)

34 komentar

Info Menarik Amplifier mini dengan transistor delete January 18, 2015 at 6:08 PM

hal beginian yang bikin saya mumet mas ... hehehe

Uda Wiky Amplifier mini dengan transistor delete January 18, 2015 at 7:48 PM

saya kurang ngerti juga kalo masalah kek gini mas..hehehe

Indra Kusuma Sejati Amplifier mini dengan transistor delete January 18, 2015 at 10:07 PM

Jadi ingat pelajaran waktu sekloah mengenai elektro, tapi sekarang sudah tidak tahu lagi dengan skema seperti ini gan. he,, he,, he,,,

Ai Wida Amplifier mini dengan transistor delete January 19, 2015 at 9:24 AM

Aduuuh ini pelajaran anak elektro, dan aku alumni adm perkantoran sama sekali ngga ngerti nih :D

Romli Dot Net Amplifier mini dengan transistor delete January 20, 2015 at 1:49 PM

Kalo mas bilang mumet.. malah saya ikut mumet neh..

Romli Dot Net Amplifier mini dengan transistor delete January 20, 2015 at 1:50 PM

Yang penting paham mas.. hehehe

Romli Dot Net Amplifier mini dengan transistor delete January 20, 2015 at 1:51 PM

Saya jadi pingin sekolah lagi.. :)

Romli Dot Net Amplifier mini dengan transistor delete January 20, 2015 at 1:53 PM

Hehehe.. jadi tahu kalo mbak aida alumni adm perkantoran.. :)

Obat Herbal Hepatitis Amplifier mini dengan transistor delete January 26, 2015 at 11:55 AM

nice artikelnya mas :)

arief darmawan Amplifier mini dengan transistor delete April 20, 2015 at 4:42 AM

Nih sprakernya berapa ohm ya ??

Romli NET Amplifier mini dengan transistor delete April 20, 2015 at 3:30 PM

8 ohm gak apa2.. 4 atau 6 ohm lebih baik tapi sulit mendapatkannya.. :)

Ghufron Amplifier mini dengan transistor delete August 12, 2015 at 10:52 PM

Maaf mas kalo speaker portable PC itu berapa ohm ya... Apa rangkaian diatas bisa digunakan untuk speaker tsb. Soalnya saya punya speaker aktif mini buat PC, tapi amplinya gak ada....

Terima kasih

Romli NET Amplifier mini dengan transistor delete August 13, 2015 at 2:02 PM

@ Ghufron, biasanya 4-6ohm karena bawaan perangkat..
bisa menggunakan rangkaian diatas mas..

Bayu Muhamad Amplifier mini dengan transistor delete September 2, 2015 at 5:18 PM

Maaf mas itu nama transistornya apa?

Akbar Gumilar Amplifier mini dengan transistor delete September 11, 2015 at 8:57 AM

nice gan.. thanks yaaa infonya

salam rajalistrik.com

Apriyanto Penla'ana Anto Amplifier mini dengan transistor delete September 26, 2015 at 12:36 PM

T1 T4 tu pake tipe apa mas?????

Romli NET Amplifier mini dengan transistor delete October 1, 2015 at 3:55 AM

Sembarang mas.. asalkan NPN dan PNP..
NPN nya bisa BC107 dan PNP nya bisa BC177
atau NPN -> C828 PNP -> A564 yang penting bisa didapat di pasaran

Unknown Amplifier mini dengan transistor delete November 4, 2015 at 3:41 PM

Bentuk jalurnya pcb- nya gi mana?

Sholeh Tsani Amplifier mini dengan transistor delete November 4, 2015 at 11:02 PM

Minta tambhan skema control x boss

Andis Wijaya Amplifier mini dengan transistor delete November 11, 2015 at 6:05 PM

D1 D4 silikon,.tu pake tipe apa mas?????

Romli NET Amplifier mini dengan transistor delete November 11, 2015 at 8:58 PM

@unknown, Sholeh Tsani.. Pake pcb lubang aja mas, rangkaiannya sederhana kok.. Karena saya biasanya menggunakan bread board untuk mencobanya..

Romli NET Amplifier mini dengan transistor delete November 11, 2015 at 9:05 PM

@Andis Wijaya, pake IN4001 juga bisa kok mas..

sano bae Amplifier mini dengan transistor delete February 28, 2016 at 4:50 PM

jadi gaada hubunganya dg psang goreng ea mba...

gesang adikuasa Amplifier mini dengan transistor delete May 9, 2016 at 7:14 AM

Skemane endi mas ?? Suwun

Arief Darmawan Amplifier mini dengan transistor delete July 13, 2016 at 3:51 PM

Daya outputnya berapa watt kalo pake speaker 4ohm ?

Arief Darmawan Amplifier mini dengan transistor delete July 13, 2016 at 4:03 PM

Daya outputnya berapa watt kalo pake speaker 4ohm ?

Arief Darmawan Amplifier mini dengan transistor delete July 13, 2016 at 4:03 PM

Daya outputnya berapa watt kalo pake speaker 4ohm ?

Muhammad Andik Cahyono Amplifier mini dengan transistor delete July 23, 2016 at 5:48 AM

Tak simpen dulu, klo sempet tak buat,...

terima kash infonya mas

nofri indra Amplifier mini dengan transistor delete October 7, 2016 at 11:28 PM

Bang cara menggabungkan groudnya gimana bang saya ngk tau cara menggabungkan nya

randy e Amplifier mini dengan transistor delete December 10, 2016 at 12:26 PM

susah susah merakitnya
gue dengan dua buah batery aaa aja bisa. suara jernih tergantung speaker . bunyi kuat.
modal dengan dua lembar kabel aja sama jack hansfree.

ridwan lonea Amplifier mini dengan transistor delete March 7, 2017 at 4:54 PM

Gan untuk transistor Pnp dan NpN itu nomor serinya gimna, sembarang atau gimana

Romli NET Amplifier mini dengan transistor delete March 11, 2017 at 4:28 AM

Seri sembarang mas.. asal PNP dan NPN nya sama..

Rizal Effendi Amplifier mini dengan transistor delete May 21, 2017 at 5:41 PM

Mksdnya seri PNP harus sama dengan NPN. Atau NPN sama PNP nya bisa beda

Aws Sejati Aws Amplifier mini dengan transistor delete July 4, 2017 at 7:48 AM

Mas numpang nanyak cara ngilangin bunyi dengung pada mini amplifer tipe tb 820 gimana ya