Loading...

Tuesday, November 11, 2014

Menentukan ukuran box speaker menggunakan diagram chart

Kotak speaker atau "salon spiker" atau "sam box" atau "box salon" atau "box loudspeaker". Pada kesempatan ini kita akan mencoba menghitung dan menentukan volume (ukuran) tinggi, lebar dan kedalaman untuk membuat box speaker dengan menggunakan diagram chart.
Diagram chart ini saya peroleh dari simpanan kliping saya dari koran surabaya pos, klinik elektronika populer (ELPOP).

David B. Weems dalam bukunya,
"Designing, Building and Testing Your Own Speaker System"

Gambar chart tersebut telah saya perbarui agar terlihat sedikit lebih jelas dalam menentukan ukurannya.
(agak menceng ya? karena memang saya foto langsung dari klipingnya)
Alasan menggunakan diagram chart ini adalah untuk mempermudah dalam menentukan ukuran (volume) dalam membuat box speaker nantinya, jadi kita nggak usah sulit-sulit menghitung dengan rumus, cukup menentukan titik temu dengan kurva-nya saja.

Menentukan ukuran box speaker

Kali ini kita akan mencoba menghitung kotak speaker dengan 'Speaker Woofer' 12 inch (30,48 cm)

Untuk lebar (L) tentu saja harus lebih besar daripada bentuk diameter woofer tersebut, dimaksudkan untuk menyediakan sedikit rongga untuk kassa penutup depan.

Katakanlah L adalah 15 inch (karena ukuran speaker woofer adalah 12 inch),
maka ditemukan volume kotak (netto) adalah 3.000 inch kubik (pada angka 15 deretan garis bagian bawah, ditarik ke atas hingga bersinggungan dengan kurva L)

Lalu untuk mengetahui Tinggi (T),
tinggal menarik ke kanan dari titik persilangan L tadi hingga bersilangan dengan garis T, yakni sekitar 24,5 inch.

Dan untuk mengetahui Kedalaman (K),
tarik ke kiri dari titik persilangan L tadi hingga bersilangan dengan garis K, yakni sekitar 9 inch.

Menentukan ukuran box speaker

Jadi, ukuran kotak speaker untuk woofer 12 inch adalah:
Lebar: 15 inch
Tinggi: 24,5 inch
Kedalaman: 9 inch

Toleransi disini hingga 10 persen masih dapat diterima. (Elpop)

Menentukan ukuran box speaker

Mudah bukan?
Semoga artikel tentang cara menghitung dan menentukan ukuran (volume) untuk membuat box speaker menggunakan diagram chart ini bermanfaat bagi pembaca semua.

23 komentar

Silahkan disimak mas.. saya tidur dulu.. :)

saya terkantuk-kantuk gimana nih

nyobanya gimana sekarang? wong saya lagi di kantor, udah mulai masuk lagi.
gimana kalo saya dikasih contoh duluu

hahaha.. ini efek dari ngantuk ternyata, sampai lupa kasih contoh.. sudah saya tambahkan contohnya pak..
trims reportnya.. :)

ternyata harus tahu ginian ya...pantesan saya liat temen saya mbuat ginan kayak njlimet gitu :D

tapi Mas Santri tetep nggak bisa juga kan?
#samma

sudah, tapi saya tetep aja susah paham
#sammakanMasSantri?

makasih banyak but infonya gan,, nice artikel

http://goo.gl/lNDhfl

I am very happy to visit and read in the blog very super this.

Skemanya mana mas untuk 15 " doble

volume kotak netto yg 3000 inch kubik tu dpt na dr mn?

@Roghibul Hasan,
lebar: 18 inch
tinggi: 30 inch
kedalaman: 12 inch
Bisa dicoba dengan menarik kurva seperti diatas ^^

@Lombok Ijo, Angka 3000 diperoleh dari menarik garis dari bawah (angka 15) ke atas hingga bertemu dengan kurva L, dititik angka 3000

http://komengfarm.com/mesin-pembuat-konsentrat-pakan-ternak.html

Mas klo speker nya 8 inchi atau 10 inchi, gimana? Sy msh blm mudeng... Hehhehe

La untuk lubang angin nya brp inchi gan...?

La untuk lubang angin nya brp inchi gan...?

La untuk lubang angin nya brp inchi gan...?

Tapi kenapa ya dalam faktanya suara lebih mantap jika kedalaman lebih panjang dari lebar...saya udah beberapa kali nyoba bikin box speaker, bahkan box model horn jg jika lihat contoh buatan luar, kedalaman lebih panjang dari lebar, dan hasilnya memang menggelegar..