Loading...

Thursday, September 4, 2014

Cara praktis menyambung kabel antena / coaxial

Artikel kali ini adalah mencoba cara yang sangat praktis untuk menyambung kabel antena / coaxial tanpa menggunakan konektor.
Kabel coaxial ini biasa disebut dengan istilah kabel cadar atau kabel skerm.
Adalah kabel yang bagian tengahnya (intinya) dikelilingi kawat serabut yang ditata seperti anyaman.
kawat serabut pada bagian pinggir tersebut berfungsi sebagai pelindung dari gangguan listrik statis, noise dan gangguan freq. radio dan sejenisnya.
Contoh kabel coaxial yang sering kita jumpai adalah kabel antena TV, kabel mikrofon dan kabel RCA (audio/video).

Kali ini penulis akan mencoba berbagi cara yang sederhana untuk menyambung kabel coaxial yang benar bila kabel tersebut putus.
karena bila kita menyambungnya dengan cara yang kurang benar maka akan terjadi gangguan pada titik sambungannya.
Misal, gambar penerimaan televisi menjadi noise (burek, istilah jawanya) bila kita menyambungnya dengan tidak benar.

Memulai untuk menyambung kabel coaxial
Sediakan alat yang digunakan untuk menyambung kabel.
Seperti gunting, tang, cutter, isolasi
Tambahan: aluminium foil secukupnya, bila tidak tersedia bisa memanfaatkan aluminium foil dari pembungkus r0k0k.
*pada kabel coaxial dengan kualitas bagus biasanya sudah terdapat aluminium foil didalamnya jadi kita tidak perlu lagi membutuhkan aluminium foil ini.
(kali ini yang saya jadikan contoh untuk penyambungan adalah kabel antena TV => 5C - 2V, bentuk fisiknya sama seperti kabel antena parabola RG6 dengan ciri-ciri kawat tunggal untuk kabel tengah/intinya)

Kupas kabel coaxial tersebut jangan sampai merusakkan serabut cadarnya.
Setelah terkupas, arahkan serabut cadarnya kedalam.
Lalu kupas juga kabel inti-nya.
Lakukan juga pada ujung kabel satunya yang akan disambungkan.
Agar sambungan kabel ini lebih kuat, kita akan menggunakan cara puntir pada penyambungan kabel intinya.

Cara praktis menyambung kabel coaxial

Sambungkan kedua ujung inti kabel secara rapat, gunakan tang.
Setelah tersambung, tutupi dengan isolasi.

Cara praktis menyambung kabel coaxial

Kemudian tutupi dengan aluminium foil.
Bila menggunakan aluminium foil bungkus r0k0k, letakkan bagian permukaan kertasnya pada inti kabel dan bagian permukaan aluminium foil pada serabut cadar.

Cara praktis menyambung kabel coaxial

Kemudian arahkan serabut cadar pada bagian sambungan tadi.
Arahkan serabut cadar menjadi seperti menyambung, lalu tutupi dengan isolasi hingga terlihat rapi.

Sampai pada tahap ini kita telah berhasil menyambung kabel coaxial dengan benar.
Dan tidak akan terjadi lagi gangguan seperti noise, freq. radio dan lainnya..

Mudah bukan?
Semoga tips cara praktis menyambung kabel antena / coaxial ini bisa bermanfaat untuk pembaca..

31 komentar

kalau mengerti cara praktisnya, memang lebih mudah yia bos, hehehe...

Wah tutorial yang sangat bermanfaat, kebetulan besok mau benerin antena TV, kayaknya ada kabel yg bersentuhan yg mengakibatkan tv banyak semutnya ... hehehe

Thanks banget atas sharingnya kang..

ternyata aluminum foil dr bungkus rokok bisa dipakai jg..thx mas tipsnya

Saya mah baru tau istilah kabel coaxial , hehe tenyata kabel yg seperti itu namanya kabel coaxial .
salam kenal mas.

Iya mas.. kalau sudah tau jalannya, semua jadi mudah..
hehehe..

Bisa mas.. sudah saya coba kok..

Iya mas.. kita kalah duluan sama orang bule.. jadinya coaxial namanya.. :D
salam kenal juga mas..

biasanya suka putus klo ga bner nyambunginnya, makasih infonya sob

Menyambung kabel jenis ini memang gampang susah buat saya, mas. Tutorial ini akan membantu saya dalam sambung menyambung kabel coaxial termasuk kabel antena parabola. Terima kasih..

Iya mas.. nyambungnya pake tang... lebih kuat kayaknya..

Semoga bermanfat beneran buat uda..
makasih kunjungannya pak..

Terimakasih gan infonya bermanfaat :)

kirain nyambung-nya asal plintar-plintir saja :) , ternyata ada tehniknya toh. makanya tv dirumah pada kesemutan gara2 nyambung kabel antenanya ngawur :D .

sama gan, ane juga gitu, di plintir2, kaya nyambuk tali plastik.... hehe
jadi renyek deh tuh gambar..

Masa sampe segitu mas.. kasian kabelnya dong.. :D

Dulu pernah mengira, bahwa kabel Coaxial adalah kabel yang tidak bisa disambung atau tidak boleh disambung. Sampai akhirnya setiap pasang antena TV harus memastikan lagi berapa meter panjang kabel yang dibutuhkan dari antena outdoor ke pesawat TV. Tapi ternyata kabel ini masih bisa disambung dengan baik.

Wahh ternyata lumayan sulit mas hehe

Makasih banyak mas,membantu sekali.
Salam kenal.

makasih ya gan .. TV ane jadi bening sekarang, ... "waktu kabelnya ane pelinthir .. seperti ada suara lembut terdengar .. aduuuchh.. "

kalau sudah ngerti caranya... serasa mudah ya mas

terima kasih banyak atas info yg diberikan, mudah-mudahan bermanfaat di kemudian hari.

jangan lupa juga kunjungan baliknya yahh
visit://www.rajalistrik.com/

Terimakasih. Tutorialnya sangat membantu.

Saya pernah coba sambung kabel coaxial dengan cara beli konektor female dan male lalu saya sambung kemudian saya isolasi. Ternyata masih gag oke juga. Apa dengan cara manual seperti di atas bisa gag?. Saya pake nexmedia. Nexmedia kalo ada sambungan malahan lemah.

oh tv ku kesemutan gara-gara asal sambung

sangat bermanfaat....
Thanks atas infonya. salam kenal

Apakah kabel serabut biasa bisa di sambungkan dng kabel yg ada di tp link?
Tolong jawabannya om

Kirain tuh serabut ga ada fungsinya, pantesan renyek